get app
inews
Aa Read Next : 249 Nakes di NTT yang Dibubarkan Bupati Kini Diaktifkan Kembali

PJ Bupati Manggarai Timur Tegaskan Anak-anak Dapat Imunisasi Polio

Rabu, 17 Juli 2024 | 14:07 WIB
header img
Pj Bupati Manggarai Timur saat bertatap muka dengan warga (foto:iren/inewsalor.id)

Manggarai Timur, iNewsAlor. id - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, NTT melaksanakan rapat lintas sektoral dalam mendukung program imunisasi polio di Kabupaten itu, Rabu (17/07/2024).

Pejabat Bupati Manggarai Timur, Boni Hasudungan Siregar mengatakan bahwa, salah satu dimensi pembangunan yang menjadi fokus perhatian pemerintah saat ini adalah pembangunan manusia di bidang kesehatan. 

Lanjutanya, khusus bidang kesehatan, salah satu sasarannya adalah meningkatnya kesadaran masyarakat tentang Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Diketahui bahwa, Indonesia telah berhasil melakukan eradikasi Polio bersama dengan negara anggota WHO lainnya pada bulan maret 2014 lalu. Namun, euforia sertifikasi tersebut harus berakhir ketika pada bulan Oktober tahun 2022 terkonfirmasi kasus Poliomyelitis pada anak usia 7 tahun yang diakibatkan oleh Vaccine-Derived Poliovirus Type 2 (VDPV 2) di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. 

Periode bulan Januari dan Februari tahun 2023 terjadi pula kasus polio pada anak di sejumlah daerah yaitu kabupaten Aceh Utara, Bireuen dan Purwakarta, bulan November dan Desember tahun 2023 terjadi kasus Polio pada anak di daerah Pamekasan, Sampang,  dan Mimika. Kemudian, bulan Februari - Mei terjadi lagi kasus Polio di Kabupaten Nduga, Asmat, dan Mappi.

Karena itu, sebagai respon Kejadian Luar Biasa ( KLB ) Polio yang terjadi, maka Kementerian Kesehatan RI atas rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengambil kebijakan untuk melakukan Imunisasi tambah melalui kegiatan yang dinamakan Pekan Imunisasi Nasional ( PIN ) Polio.

Kata Boni, PIN Polio dilakukan dengan target utama pelayanan Imunisasi 0 – 7 tahun tanpa memandang status imunisasi polio pada waktu sebelum pelaksanaan PIN Polio. 

Detail Ia menegaskan bahwa, Provinsi NTT masuk dalam kelompok PIN Polio Tahap II bersama 26 Provinsi lainnya di Indonesia, jadwalnya akan berlangsung serentak mulai tanggal 23 Juli 2024 sampai dengan Agustus 2024.

Karena itu, anak-anak kita yang berusia 0 tahun sampai dengan 7 tahun akan mendapatkan imunisasi Polio di fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu, Sekolah Dasar, PAUD, TK, dan Pos imunisasi lainnya.

Editor : Danny Manu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut