KPU Alor Pastikan, Belum Ada Paslon yang Mendaftar di Hari Pertama, Tetapi 3 Calon Mulai Akses Silon

Aldy Mooy
Kpu saat jumpa pers dengan media jelang persiapan pendaftaran paslon (foto: aldy/iNewsAlor.id)

KPU Alor Pastikan, Belum Ada Paslon yang Mendaftar di Hari Pertama, Tetapi 3 Calon Mulai Akses Silon

KALABAHI, iNewsAlor. id - Sampai hari ini, belum ada yang  informasikan mendaftar ke kpu besok, 27 Agustus 2024, namun pertanggal hari ini, 26 Agustus sudah ada 3 pasangan calon (paslon) sudah mulai mengakses Silon Kpu Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Demikian disampaikan Ketua Kpu Alor, Munawir Laamin didampingi 4 anggota komisioner lainnya, saat jumpa pers dengan awak media, senin (26/08/2024) sore. 

"3 paslon terpantau sudah akses di Silon, 1 paslon sudah bersurat" 

"3 paslon itu bakal calon sudah pada tahapan akses silon dan sementara proses penyempurnaan data dokumen juga aplikasi teman-teman bisa dipastikan bahwa yang kita pantau di aplikasi progresnya sampai dengan detik ini masih dalam akses jadi kami juga belum dapat kepaastiannya" Katanya. 

Lanjut Laamin, belum bisa dipastikan berapa paket namun itu data terakhir per hari ini yang kami di Kpu dapati. 

3 paslon masing masing, Ima Rey, Simpatik, AMS, sementara  paket lainnya yang sudah terkonfirmasi, Gab Mul

Terkait jadwal pendaftaran yang sesuai tahapan, mulai tanggal 27-29 Agustus, sehingga secara regulasi teman-teman bakal calon satu hari menjelang pendaftaran mereka akan bersurat. Sehingga bisa dipastikan di hari pertama belum ada paslon yang mendaftar. Pungkasnya. 

Terkait pemberitaan, Laamin menjelaskan, Kpu sejak awal kita membutuhkan kerjasama yang baik agar akar rumput ini bisa mendapat informasi.

"terkait dengan proses pencalonan baik itu dari kami maupun dari peserta itu sendiri sehingga nanti kami ada buka ruang tersendiri bahwa teman-teman media untuk mengekspor teman-teman bakal calon setelah mendaftar"

"Jadi nanti setelah bakal calon datang mendaftar, teman-teman nanti kita kasih juga tanda pengenal pers (ID Card) untuk melakukan proses peliputan di dalam dan proses sampai mereka melakukan jumpa pers"

setelah pendaftaran. Nanti teman-teman Media akan difasilitasi pihaknya dalam proses liputan, tambah Ketua KPU Alor.
 
Selain itu mekanismenya,  Ia menjelaskan  ketika teman-teman bakal calon nanti ketika masuk proses pendaftaran kita juga melakukan proses kerjasama dengan Kapolres berdasarkan arahan kapolda.

di mana besok itu kita di kantor sudah mulai melakukan sterilisasi kantor, "ada pemasangan alat steril kantor oleh pihak kepolisian jadi kalau memang teman-teman mungkin agak sedikit merasa tidak nyaman mungkin dengan proses ini sehingga kami sangat mengharapkan proses kerjasama tersebut"

Mungkin saja ada prosedur yang nanti teman-teman lewati nanti ketika mau masuk ke dalam kantor KPU dan setelah proses pendaftaran ketika bakal calon sudah diterima dokumennya maka bakal calon akan keluar kemudian menuju ke arah jumpa pers.

 "Jadi tengah jalur itu nanti kami sediakan khusus untuk teman-teman pers dan teman-teman bakal calon dan tidak diganggu oleh masa pendukung" Ujarnya. 

 

 

 

Editor : Danny Manu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network