Logo Network
Network

Tanam Ribuan Kelor Merah, Polsek Abad Target Salah Satu Komoditi Andalan Abad Selatan

Danny Manu
.
Selasa, 17 Januari 2023 | 12:16 WIB
Tanam Ribuan Kelor Merah, Polsek Abad Target Salah Satu Komoditi Andalan Abad Selatan
Kapolsek Abad inisiasi penenaman kebun sumber benih kelor merah di desa kuifana Foto : danny manu/ alor.inews.id

KALABAHI, iNews.Alor.id - Polsek Alor Barat Daya (ABAD) inisiasi program Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menanam 1.100 stek kelor merah dengan pendampingan Dinas Pertanian Kabupaten Alor di Desa Kuifana, Kecamatan Abad Selatan, Senin (16/1/2023).

Penanaman stek kelor merah ini sendiri disiapkan sebagai kebun sumber benih kelor merah, dan nantinya bakal dijadikan sebagai bibit unggul terferifikasi secara nasional.

Kapolsek Abad Iptu Jene Sakala SH, mengatakan kegiatan ini sendiri dilakukan oleh kelompok tani Harapan Baru yang merupakan kelompak tani binaan Polsek Abad yang berjumlah 20 orang.

"Ada 1100 batang yang bak kelor yang kami tanam di atas lahan seluas 1 hektar, dan biji bijinya yang akan dipanen untuk dijadikan bibit unggul" kata Jeanne.

Kapolsek juga mengatakan kegiatan ini merupakan program Pemerintah provinsi, sehingga dirasakan penting untuk ditindaklanjuti, namun kami juga tentu berkoordinasi dengan dinas tekhnis sehingga mereka dari dinas pertanian Kabupaten Alor juga hadir, dan busa memberikan pendampingan kepada kelompok binaan mereka yang ada di Abad Selatan yang mana masuj dalam wilayah hukum Polsek Abad.

Kadis Pertanian Yustus Dopong Abora, Sp mengatakan, kami tentunya sangat menyikapi program provinsi, dimana melalui Kapolsek Abad yang langsung datang berkordinasi dengan Dinas Pertanian, sehingga kami turut bergandengan tangan, berkolaborasi untuk bersama melakukan kegiatan dimaksud.

"Menyikapi hal tetsebut, kami langsung ke lokasi dan memilih stek memberi bimbingan sampai dengan pendropingan yang dilakungan oleh pihak polsek dan kami sama sama tanam" pungkas Yustus.

Yustus juga menjelaskan tekait kesulitan mendapatkan benih kelor, sehingga ketika sumber kebunnya sudah disiapkan seperti saat ini, tentunya masyarakat juga sudah bisa gampang mendapatkan, karena untuk mendapatkan benih tentunya melalui suatu proses, beda halnya dengan mendapatkan anakan seperti anakan kelor yang mudah didapat.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Polsek abad ini, mendapat respon positif dan mendapat dukungan pihak Kecamatan Abad Selatan, sehingga melalui Camat Sonny Kaimat, S.sos, Kepala Desa Kuifana Petrus Kalau serta Tokoh masyarakat setempat hadir dilokasi di Perumahan Silamaka, Desa kuifana ini, untuk bersama melakukan penanaman benih kelor merah.

Kegiatan penanaman kebun sumber benih kelor ini diharapkan, selain memanfaatkan lahan kosong namun wujudkan program menanam yang dirasakan bisa mendapatkan hasil produksi bagi masyarakat, dengan target juga bisa menjadi salah satu komoditi andalan di Abad Selatan.

Editor : Danny Manu

Follow Berita iNews Alor di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update