get app
inews
Aa Read Next : Debat Pertama Pilgub NTT, Paslon Gubernur -Wakil Adu Ide dan Gagasan

Pertamina Patra Niaga Serahkan Bantuan Mesin Press Sampah dan APD kepada Bank Sampah

Selasa, 01 Oktober 2024 | 12:01 WIB
header img
Pertamina Patra Niaga Aviation Fuel Terminal El Tari Serahkan Bantuan Mesin Press Sampah dan APD kepada Bank Sampah Mutiara Timor

Kupang, iNewsAlor.id- PT Pertamina Patra Niaga Aviation Fuel Terminal El Tari melanjutkan komitmennya dalam tanggung jawab sosial perusahaan melalui program Kampung Berseri (Kampung Bersih Sehat Asri El Tari)  dengan sukses melaksanakan serah terima bantuan mesin press sampah dan  Alat Pelindung Diri kepada kelompok binaannya yaitu Bank Sampah Mutiara Timor pada Rabu, 25 September 2024. 

Program ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan CSR yang dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas lingkungan masyarakat melalui pengelolaan sampah yang lebih efisien dan produktif.

Serah Terima Bantuan: Mesin Press dan APD

Bantuan yang diserahkan kali ini berupa mesin press dan peralatan APD (Alat Pelindung Diri), yang diharapkan mampu meningkatkan produktivitas serta efisiensi pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Bank Sampah Mutiara Timor.

Mesin press yang disediakan akan mempermudah proses pengemasan sampah sehingga volume sampah yang ditampung dapat lebih besar, sementara peralatan APD digunakan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan kerja para petugas pengelola sampah, khususnya Bank Sampah Mutiara Timor, yang merupakan mitra aktif dalam program ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, yang diwakili oleh Achmad Likur selaku Kepala Bidang Penanganan Sampah dan Limbah B3 menyampaikan apresiasi atas kontribusi dari PT Pertamina. “Bantuan mesin press dan APD ini sangat relevan untuk meningkatkan kapasitas Bank Sampah Mutiara Timor. Dengan adanya bantuan ini, kami berharap pengelolaan sampah di Kota Kupang bisa lebih efektif, sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan,” ungkapnya.

Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Pengelolaan Sampah

Salah satu fokus utama dari bantuan ini adalah meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pengelolaan sampah. Dengan mesin press yang diberikan, proses kompresi sampah akan menjadi lebih cepat dan mudah, sehingga Bank Sampah Mutiara Timor dapat menampung lebih banyak sampah dalam satu waktu. Hal ini diharapkan mampu menambah daya tampung dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi pekerja Bank Sampah melalui daur ulang sampah. Selain itu, bantuan APD yang diserahkan memastikan keselamatan para pekerja selama melakukan pengolahan sampah, meningkatkan keselamatan kerja dan mencegah kecelakaan.

Matheus Da Costa, Camat Maulafa, menyoroti peran strategis mesin press dalam memperkuat ekonomi masyarakat. “Mesin ini akan sangat membantu Bank Sampah Mutiara Timor dalam meningkatkan hasil pengumpulan dan pengolahan sampah, sehingga masyarakat bisa lebih mendapatkan manfaat ekonomi dari sampah yang mereka kelola,” ujarnya.

Dukungan Yayasan PLAN International dan Bank Sampah Mutiara Timor

Kegiatan ini turut didukung oleh Yayasan PLAN International Indonesia, yang diwakili oleh Juliani Talan, Andreas Wotan, Junias Cornel Baitanu, dan Liberty D. Bahan. Juliani dalam sambutannya menyampaikan, “Dengan bantuan mesin press ini, kapasitas Bank Sampah akan meningkat, dan kami yakin hal ini akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan sampah yang lebih baik juga akan memberikan manfaat lingkungan jangka panjang.”

Meilsi Mansula, Ketua Bank Sampah Mutiara Timor yang hadir dalam acara ini juga menyampaikan rasa syukur dan optimisme terhadap bantuan ini. Mereka berharap, dengan dukungan yang terus berlanjut, Bank Sampah Mutiara Timor dapat menampung lebih banyak sampah dan memberikan dampak ekonomi serta lingkungan yang lebih besar untuk masyarakat sekitar.

Komitmen CSR Pertamina untuk Pembangunan Berkelanjutan

Program Kampung Berseri  adalah bagian dari rangkaian kegiatan CSR PT Pertamina Patra Niaga Aviation Fuel Terminal El Tari yang berkomitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Bantuan mesin press dan APD ini merupakan langkah nyata dalam mendukung pengelolaan sampah yang lebih efisien, serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung masyarakat melalui program-program yang memberikan dampak jangka panjang, terutama dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Bantuan ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi program serupa di wilayah lainnya," ujar AFT Manager El Tari, Dewa Putu Sumantra
“Program Kampung Berseri berusaha untuk mengalamatkan isu mengenai sampah yang memang menjadi permasalahan utama di Kota Kupang. Melalui upaya yang dilakukan advokasi yang dilakukan kepada masyarakat mengenai pentingnya pemilahan sampah dari rumah diharapkan bisa menambah jumlah nasabah bank sampah Mutiara Timor dan pada akhirnya bisa menambah penghasilan baik bagi pekerja di Bank Sampah Mutiara Timor maupun masyarakat yang menjadi nasabah di Bank Sampah tersebut,” ujar Buhari Ramadani, Community Development Officer PT Pertamina Patra Niaga AFT El Tari 

Editor : Danny Manu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut