Logo Network
Network

BUMN Paling Butuhkan Jurusan Kuliah Ini, Calon Mahasiswa Perlu Tahu

Neneng Zubaidah
.
Minggu, 06 November 2022 | 07:36 WIB
BUMN Paling Butuhkan Jurusan Kuliah Ini, Calon Mahasiswa Perlu Tahu
BUMN buka ribuan lowongan kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNrws.Alor.id -  Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) tentunya terbayang gaji yang besar  sehingga menjadi salah satu tempat kerja yang menjanjikan, dan juga menawarkan jenjang karier yang menarik Nah, inilah 4 jurusan kuliah yang dibutuhkan perusahaan BUMN bagi fresh graduate yang ingin berkarier di perusahaan plat merah ini.

Perusahan BUMN sendiri merupakan perusahan yang dikelola langsung oleh negara. Pembukaan lowongan pegawai baru di perusahaan BUMN pun selalu diserbu pencari kerja dari segala penjuru.

Mereka yang mendaftar ke perusahaan-perusahaan BUMN ini banyak yang berasal dari berbagai perguruan tinggi . Baik negeri dan swasta. Mereka juga berasal dari beragam fakultas dan jurusan yang bermimpi menjadi profesional di BUMN.

Berikut ini 4 jurusan kuliah yang biasanya banyak dicari perusahaan BUMN yang telah dirangkum dari laman forumakademik.com.

1. Jurusan di rumpun Ilmu Ekonomi dan Bisnis.

Fakultas ekonomi dan juga yang terkait dengan bisnis menjadi jurusan favorit yang dicari calon mahasiswa. Tidak hanya lulusan IPS namun juga anak IPA banyak yang memilih jurusan ilmu ekonomi dengan segala cabangnya untuk menempuh kuliah.

Lulusan ilmu ekonomi dan bisnis pun memiliki pilihan profesi yang bervariasi dan juga bisa menjadi pegawai handal di lingkungan di instansi negara maupun swasta. Untuk itulah lulusan dari fakultas ekonomi dan bisnis ini sangat dibutuhkan dimana-mana. Termasuk juga oleh perusahaan BUMN yang tidak hanya dicari di perusahaan yang bergerak pada sektor perbankan saja tapi untuk semua bidang.

2. Jurusan Ilmu Hukum

Pada dasarnya jurusan Ilmu Hukum adalah jurusan yang mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Oleh karena semua perusahaan baik di level kecil maupun besar harus mengerti hak dan kewajibanya sesuai hukum yang berlaku maka lulusan Ilmu Hukum pun banyak dicari oleh perusahaan BUMN. Lulusan Ilmu Hukum akan memberikan arahan terkait dengan peraturan perundangan dari masalah perusahaan hingga karyawan.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan yang banyak diserbu mahasiswa baru ini mempelajari ilmu komunikasi antar makhluk hidup. Baik manusia dengan manusia, manusia dengan alam sekitar dan juga manusia dengan penciptanya. Kaitannya dengan dunia bisnis adalah ilmu ini akan berguna dalam menjalin hubungan yang baik antar perusahaan maupun antar karyawan. Hal inilah yang membuat para lulusan ilmu komunikasi sering ditempatkan pada bagian HRD. Hampir setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan dari jurusan ini termasuk perusahaan BUMN di berbagai sektor.

4. Jurusan Psikologi

Jurusan ini juga selalu memiliki peminat yang tinggi di berbagai kampus di Indonesia. Jurusan psikologi adalah salah satu bidang keilmuan yang mempelajari manusia.

Manusia yang dimaksud di sini tak sebatas pada perilakunya saja, melainkan mempelajari jiwa yang mempengaruhi tindakan tersebut.
Dalam konteks industri, jurusan ini akan mempelajari bagaimana seseorang berperilaku terkait dengan posisinya di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan BUMN pun membutuhkan staf-staf di departemen HRD yang kebanyakan lulusan dari jurusan psikologi untuk bisa menjembatani antara perusahaan dan karyawan.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 31 Oktober 2022 - 14:45 WIB oleh Neneng Zubaidah dengan judul "Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan BUMN". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://edukasi.sindonews.com/read/927919/211/calon-mahasiswa-perlu-tahu-ini-jurusan-kuliah-paling-dibutuhkan-bumn-1667200224?showpage=all

Editor : Danny Manu

Follow Berita iNews Alor di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update