get app
inews
Aa Read Next : Pegadaian Peduli: Bantuan Pembangunan Gedung untuk Panti Asuhan Generasi Pengubah

Hujan Disertai Angin Kencang Masih Terjadi di Wilayah Kabupaten Alor, Warga Diminta Waspada.

Rabu, 01 Maret 2023 | 08:05 WIB
header img
Ilustrasi hujan disertai angin (foto : inews.id)

KALABAHI,iNews.Alor.id - Hujan disertai angin kencang, kemungkinan masih bisa terjadi di Kabupaten Alor hingga bulan april, begini penjelasan BMKG mali, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) Selasa 28/02/2023.

Hujan masih terus terjadi di wilayah kabupaten Alor, baik pada waktu malam hari maupun di siang hari, dan hampir merata di semua wilayah.

Itensitas hujan yang begitu tinggi, dan kadang diaertai angin masih bisa terjadi hingga bulan april disebabkan pancaroba ketika akan memasuki musim kemarau, sehingga masyarakat diminta untuk  waspada.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika, Mali Kabupaten Alor menjelaskan, sudah mengeluarkan peringatan dini yang aering diupdate melalui group whatsapp maupun media sosial lainnya, mengenai dampak dari hujan dan angin yang terjadi.

Berdasarkan informasi cuaca kedepan, di wilayah Kabupaten Alor  stasiun Meteorologi Mali, Prima M Amalo, S.Tr Selasa (28/02/2023) menjelaskan hujan disertai amgin berpotensi masih bisa terjadi hingga bulan april di wilayah Kabupaten Alor.

Saat ini untuk hujan sendiri, Prima menjelaskan kita masih masuk dalam periode musim hujan hingga maret, namun  di bulan april memasuki pancaroba untuk masuk ke musim kemarau. Namun untuk kabupaten alor hujan disertai angin kencang bisa terjadi pagi, siang, malam maupun dinihari namun ada beberapa wilayah karena karakteristik topografi juga mempengaruhi seperti daerah perbukitan, alor selatan, pulau pantar sebagian.

Sementara angin kencang juga terjadi merata di wilayah NTT, yang memang dusebabkan gangguan atsmosfir atau sirkulasi siklon di disamudera hindia bagian tenggara yang membentuk pola belokan angin sehingga hampir seluruh NTT pada umumnya berpotensi angin yang disertai hujan dan kadang ada petir, namun durasinya singkat,  " untuk wilayah alor sendir pagi juga bisa seperti itu berpotensi hujan lebat disertai angin namun durasinya singkat, contoh seperti kalabahi tiba tiba hujan lebat disertai angin, namun sebentar saja biasanya 5 samapi 10 menit berenti, dan kembali panas". kata Prima.

"Dan kondisi hujan ini masih berpotensi terus terjadi hingga maret ke april memasuki pancaroba untuk masuk musim kemarau, namun angin, kadang ada petir dan guntur ini, akibat cuaca atsmoafir yang ada gangguan dan didukung oleh kelembapa, suhu permukaan laut yang hangat". Pungkasnya

Angin yang terjadi inipun terbilang kecang, seperti angin dari barat hingga barat laut kecepatannya bisa terjadi 30 sampai 50 kilometer per jam, sehingga meskipun bmkg telah mengeluarkan himbauan yang biasanya terhitung perminggu, namun mereka juga terus meminta kepada masyarkat dan menghimbau untuk  waspada, meakipun angin ini durasinya singkat namun cukup besar karena bedampak pohon tumbang, maupun jaringan listrik yang rusak akibat dari angin tersebut.

Editor : Danny Manu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut