get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Penggunaan Aplikasi Sisumaker, Lapas Kalabahi Gelar in House Training

Jelang Idul Fitri 1444 H, Lapas Siap Fasilitas Kunjungan Hari Raya Bagi Keluarga Warga Binaan Muslim

Selasa, 18 April 2023 | 18:28 WIB
header img
Lapas kalabahi siap fasilitasi keluarga warga binaan muslim saat idul fitri (foto : humas/ alor.inews.id)

KALABAHI, iNews.Alor.id _  Menjelang Idul Fitri 1444 H, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi menyiapkan fasilitas kunjungan hari raya bagi keluarga warga binaan Muslim.

Demikian disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, Selasa (18/04/23) saat sedang mengawasi proses persiapan fasilitas kunjungan di dalam Lapas.

Menurut Yusup, fasilitas yang dipersiapkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, yakni tenda dan karpet untuk Sholat Ied bagi para pengunjung atau keluarga dan warga binaan serta gapura selamat Idul Fitri.

"Menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah, kami menyiapkan tenda jadi sebanyak 4 buah juga karpet yang dipasang di depan kantor dan Masjid At-Taubah Lapas Kalabahi serta gapura selamat Hari Raya Idul Fitri yang dipasang di depan kantor. Fasilitas ini kami siapkan atas dukungan dari pihak BRI Cabang Kalabahi," ujar Yusup.

Yusup juga mengatakan bahwa selama Hari Raya Idul Fitri, sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan, dirinya telah mempersiapkan personil pengamanan yang bertugas melaksanakan pengamanan hari raya mulai proses penerimaan kunjungan sampai pada pelaksanaan ibadah hari raya di dalam Lapas.

"Selama Hari Raya Idul Fitri, kami telah mempersiapkan personil pengamanan yang cukup untuk meningkatkan kewaspadaan di momen hari raya. Pengamanan akan berlangsung mulai dari penerimaan kunjungan sampai pada pelaksanaan ibadah Sholat Ied di dalam Lapas. Kunjungan hari raya akan berlangsung mulai tanggal 21 hingga 23 April 2023 dan Sholat Ied dapat diikuti juga oleh para pengunjung atau keluarga warga binaan Muslim. Terkait kapasitasnya, sudah kami atur dan siapkan. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-482.PK.08.05 Tahun 2023 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Selama Kegiatan Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H / 2023 M," jelasnya.

Lebih lanjut, Yusup juga menjelaskan bahwa bersamaan dengan persiapan menjelang Idul Fitri, pihaknya juga telah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pemberian Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1444 H bagi seluruh warga binaan Muslim.

"Harapan kami, pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Lapas Kalabahi dapat berjalan dengan baik dan lancar serta terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban karena momen ini menjadi atensi Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Pak Reynhard S. P. Silitonga dan Kakanwil Kemenkumham NTT, Ibu Marciana D. Jone. Mudah-mudahan momen ini dapat dinikmati bersama oleh warga binaan Muslim dan keluarga yang datang berkunjung dengan penuh kebahagiaan karena baru tahun ini, kami membuka kunjungan yang seluas-luasnya bagi pengunjung setelah beberapa tahun dibatasi oleh Covid-19. Walaupun begitu, dalam pelaksanaannya, tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkas Yusup.

Editor : Danny Manu

Follow Berita iNews Alor di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut