Buaya yang Buat Resah Warga Alor, Berhasil Dijerat, Namun Warga Diminta Berhati Hati

Aldy Mooy
Buaya saat berhasil dijerat warga Desa Alor Besar (foto:screenshoot)

KALABAHI, iNewsAlor. id - Seekor buaya yang sering muncul akhir akhir ini di beberapa titik pantai di Alor, berhasil diamankan warga dengan cara dijerat. 

Di bantu oleh warga, kelompok Masyarakat Pengawas Pantai (POKMAWAS) Desa Alor Besar, dan Tim Nautika Dive, berhasil menangkap buaya tersebut. 

Buaya yang ditangkap di wilayah laut Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut (Abal) itu, diduga yang sering muncul di beberapa titik seperti Alor Kecil, bahkan Alokai, yang sempat membuat heboh warga Alor. 

Sebelumnya lokasi munculnya buaya tersebut tidak ada sama sekali. Lagian beberapa titik itu meruapakan lokasi wisata hingga titik selam untuk para divers. 

Pemilik Operator Nautika Dive, Hansen Oey, yang dihubungi media, selasa (24/09/2924) membenarkan penangkapan buaya yang dimaksud. 

"Benar saya bersama ketua Pomaswas, pak Dulah dan sebagian warga berusaha mengkap buaya tersebut," Katanya. 

Menurut Hansen, "kami hanya ingin kembalikan ke habitatnya, takutnya dia dibunuh juga"

Karna binatang amphibi, dia (buaya) sering naik ke darat, nah ini membahayakan anak anak kecil yang biasa bermainnya pesisir pantai. Ungkapnya. 

Sudah hampir 1 minggu buaya ini membuat resah warga, hingga pesan berantai di beberapa group whatsapp hingga Facebook, yang memperlihatkan video buaya tersebut, dengan caption mengingatkan anak anak atau pengunjung pantai wisata, untuk berhati hati.

Sementara Sirahjuddin Ali, Kepala Desa Alor Besar, mrngatakan, sempat mengamankan buata tersebut di kantor Desa. 

"Saya amankan sementara di ruang tamu kantor Desa, namanya binatang mungkin stres juga Karna kerumunan warga"

Ali juga menjelaskan, memang keberadaannya meresahkan warga nelayan Alor Besar juga, " Ya tapi kami sudah berusaha menjerat tinggal nanti kami serahkan ke dinas yang berkompeten untuk penanganannya" Katanya. 

Kini lewat Kapolsek Abal, buaya tersebut telah dibawah ke Kalabahi, setelah berkordinasi dengan tim Dinas terkait, yaitu dari Kehutanan, untuk diamankan di lokasi karantina. 

Namun Ali juga menghimbau warga untuk tetap berhati-hati hati, karena menurut informasi nelayan sekitar, masih ada 1 atau 2 ekor lagi, sehingga Dirinya akan berkoordinasi dengan tim lagi bagaimana penanganan selanjutnya untuk menangkap sisa buaya yang masih ada tersebut. Ungkapnya. 

Editor : Danny Manu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network