Ketua GAMKI Alor Kecam Rencana Aksi Demo Kelompok Masyarakat, Saat Kunjungan Jokowi di Alor Nanti

Danny Manu
Ir. H. Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia (foto : Sekretariat Negara)

KALABAHI, iNewsAlor.id - Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPC GAMKI) Kabupaten Alor, Demas Mautuka kecam rencana aksi demo oleh sekelompok masyarakat saat Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Alor yang rencananya dijadwalkan tanggal 2 Oktober 2024 nanti. 

Terkait rencana kelompok masyarakat tersebut, Ketua DPC GAMKI ini, mengecam adanya sikap tersebut. Mautuka mempertanyakan apa urgensinya kelompok masyarakat menolak kedatangan Jokowi. 

"Apa urgensinya kelompok masyarakat menolak kedatangan Presiden Jokowi? Semua kebijakan pembangunan kita rasakan. DAK, DAU ataupun transferan dana tambahan ke rekening daerah yang bukan sedikit. Begitu juga APBD kita yang dulu hanya Rp 600 sampai 700 miliar sekarang naik menjadi 1 triliun lebih. Ini kebijakan Jokowi yang luar biasa dan patut kita apresiasi", pungkas Mautuka. 

Justru Dirinya mengapresiasi sekaligus menyampaikan selamat datang Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ke Kabupaten Alor, Rabu, 2 Oktober 2024. 

Mautuka juga berterima kasih kepada Presiden Jokowi atas kebijakan pembangunan yang dirasakan masyarakat Kabupaten Alor. 

"Selaku Ketua GAMKI Alor saya berterima kasih kepada Presiden Jokowi atas semua kebijakan pembangunan yang dirasakan. Seperti pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, listrik, bandara, tol laut serta membuka akses penerbangan dari Kupang ke Bandara Kabir di Pantar", ujarnya. 

Menurut Mautuka, selama dua periode kepemimpinan Jokowi, pembangunan listrik di Kabupaten Alor sudah hampir selesai. Meski tinggal beberapa desa yang masih dalam tahap pembangunan, tetapi menurut Mautuka ada kemajuan pembangunan listrik yang luar biasa di kabupaten Alor.

'Seperti di Kecamatan Pureman ada beberapa Desa masih dalam tahap pembangunan dan juga Mataru Barat. Tetapi ada kemajuan dalam pembangunan listrik. Bandara juga sudah bagus, ada tol laut serta BBM satu harga", ungkapnya. 

Menurutnya, meskipun Alor berada di daerah terpencil, tetapi stabilitas harga BBM tetap terjaga. Mautuka mengapresiasi kebijakan Presiden Jokowi yang memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu serta membuka akses PLBN dari Maritaing ke Timor Leste. 

Mautuka berharap semua kebijakan Jokowi dapat dilanjutkan oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang akan dilantik beberapa minggu ke depan. 

Hal senada  juga disampaikan Pontius Wali Mau. Direktur LSM Lintas Katulistiwa ini. Dirinya juga mengecam adanya kelompok masyarakat yang ingin melakukan aksi penolakan atas kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Alor. 

"Saya sangat sesalkan aksi kelompok masyarakat yang menolak kedatangan Presiden Jokowi. Beliau datang sebagai kepala negara dan juga bapak kita orang Alor yang mestinya kita sambut dengan bahagia, sukacita dan damai", tegas Pontius. 

Dia menegaskan sangat keliru jika ada kelompok masyarakat yang menilai kedatangan Jokowi tidak ada dampak bagi masyarakat Alor. Menurut Pontius, Presiden Jokowi memang tidak datang membangun Alor tetapi semua kebijakan pembangunannya dirasakan oleh masyarakat Alor. 

Karena itu, lanjut Pontius, sebagai masyarakat yang berbudaya kita wajib mengapresiasi dan berterima kasih atas kehadiran Jokowi ke Kabupaten Alor.

Editor : Danny Manu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network