Ditemukannya Tubuh Manusia di Perut Ikan Hiu, Keluarga Korban Hilang Minta Jangan Dipublikasikan

Danny Manu
Basarnas lakukan pencarian WNA yang hilang di pulau Reong ( foto: ist)

KALABAHI, iNewsAlor. id - Nelayan pesisir  Republik Demokratic Timor Leste (RDTL) pada hari Minggu (06/10/2024), dihebohkan dengan temuan sepenggal tubuh manusia saat membelah seekor ikan hiu. 

Temuan itu, heboh di media sosial, maupun group whatsapp, sementara sebelumnya, ada   salah satu penumpang kapal phinisi yang sempat hilang saat snorkling di wilayah pulau Reong, Wetar Utara, Maluku Barat Daya (MBD).

Agen Kapal phinisi KM Tiare yang berada di Kabupaten Alor yang dihubungi iNewsAlor. id, rabu (09/10/2024), membernarkan Kapal tersebut dari Alor tujuan Banda Neira, dan berangkat tanggal 25 September 2024 dengan membawa 16 penumpang.

Berdasarkan Manifest penumpang  11 diantaranya warga Germany, 2 Canadian, 2 USA dan 1 orang lainnya Warga Negara Indonesia. 

KM Tiare tujuan Banda Naira ini, diduga sempat melakukan aktifitas Diving atau Snorkling di Wilayah Maluku Barat Daya, tepatnya di Pulau Reong, Wetar Utara, yang mengakibatkan korban, Carol Colleen Monfore (68) WNA Amerika Serikat itu hilang. 

Informasi ini diperkuat dengan pernyataan Tim Basarnas Maumere, yang sempat diminta bantuan untuk melakukan pencarian di areal pulau Reong, Wetar Utara, Maluku Barat Daya. 

Tim Basarnas Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang melakukan pencarian, Kurang lebih 5 hari , dengan menyisir beberapa pulau di MBD akhir putuskan penghentian pencarian, alasanya tidak ada tanda tanda petunjuk. 

Sebelumnya, korban bersama 6 orang lainnya yang turun dari kapal untuk melakukan penyelaman di sekitar pulau Reong. Dugaan arus bawah yang kuat sehingga korban terpisah dari temannya hingga hilang. 

Diduga suami korban yang sebenarnya berada juga diatas kapal phinisi tersebut, akhirnya tidak melanjutkan perjalanan ke Banda Naira, selanjutnya kembali ke Alior, diantar tim Basarnas melalui, maritaing, kecamatan Alor Timur. 

Sementara siaran pers dari UPTD Pengelola Taman Perairan Alor dan Laut Sekitarnya, telah berordinasi dengan pihak KBRI RDTL, serta pihak management LOB yang digunakan korban dan teman teman yang melakukan diving, dengan hasil sebagai berikut. 

1. Berdasarkan informasi awal yaitu dugaan bahwa korban adalah Wisatawan Mancanegara yang hilang di Perairan salah satu pulau di Maluku Barat Daya, maka Pihak Kedubes AS di RDTL telah berkoordinasi dengan Aparat berwenang di Timor Leste dan pihak Asuransi untuk melakukan identifikasi jenasah yang ditemukan melalui tes DNA untuk diketahui Identitas Korban.

2. Sampai saat ini belum dapat dipastikan Bahwa Korban adalah Wisatawan yang hilang tersebut, sampai dengan selesai dilaksanakannya Tes DNA dan hasilnya bisa memastikan identitas korban.

3. Pihak Keluarga Wisatawan yang hilang mengharapkan untuk tidak mempublikasikan bahwa yang ditemukan adalah wisatawan yang hilang tersebut sampai adanya hasil Tes DNA dan hasil tersebut bisa memastikan identitas korban.

4. Sesuai dengan Data Kunjungan dalam Kawasan Konservasi Taman Perairan Kepulauan Alor Provinsi NTT Tahun 2024 untuk kegiatan Pariwisata Alam Perairan Jenis Diving, Snorkling maupun Penelitian dan Pendidikan, maka dapat dipastikan bahwa tidak ada Wisatawan / Peneliti yang Hilang di Kawasan Taman Perairan Kepulauan Alor Provinsi NTT saat melakukan aktifitasnya.

Berdasarkan point 4 di atas, maka UPTD Pengelola Taman Perairan Kepulaun Alor dan Laut Sekitarnya dapat memastikan bahwa potongan tubuh yang menggunakan pakaian diving tersebut bukan berasal dari Wisatawan / Peneliti yang melakukan aktifitas dalam Taman Perairan Kepulauan Alor Provinsi NTT.

Editor : Danny Manu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network