get app
inews
Aa Read Next : Pasangan Bacabup Nur Kaltim La Ovo dan Dony Mooy Daftar Ke PAN

Nelayan di Alor Mengeluh Lumba Lumba Penyebab Hasil Tangkapan Berkurang

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 16:59 WIB
header img
Nelayan Wolatang Mengeluh Hasil Tangkapan Berkurang akibat lumba lumba Foto : Danny Manu/alor.inews.id


Kejadian ini  bagi mereka baru terjadi. Eko mengatakan lumba lumba yang dianggap hama bagi mereka ini sendiri, jenis yang baru dilihat, selain tubuhnya yang besar juga berwarna hitam, jadi tidak diketahui pasti lumba lumba jenis apa, “teman teman lain disini ada yang tidak mau ke rumpon karena alasan bahan bakar,selain harga BBM,  juga tidak ada pemasukan untuk membeli bahan bakar, kalau ke rumpon kejadian masih seperti ini kadang pulang kosong tanpa ada hasil apa, sama saja sudah buang bahan bakar om, jadi yang sekarang ke rumpon ini hanya pasrah saja” pungkas Eko.

Ia mengakui kebiasaan mereka kalaupun ada lumba lumba yang bermain dalam teluk sini, pertanda ikan banyak dan dibuktikan hasil tangkapan di rumpon yang baik, sehingga terkadang harga ikan sampai murah karena melimpah hasil tangkapan yang didapat.

Mereka sudah melaporkan kejadian tersebut ke Lurah setempat untuk menindak lanjuti ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten alor, maupun Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan  Propinsi (KCDKP) wilayah Alor, untuk mencari solusi, alasanya mereka terganggu dan punya niat mengusir dengan cara membunuh, namun mengingat aturan akan mamalia laut ini yang dilindungi.

Sementara KCDKP Wilayah Alor melalui Kepala Cabang Muhammad Saleh Goro yang dihubungi mengatakan, "kami sudah kirimkan tim dari kantor ke lokasi, dan kami minta untuk mendata semua rumpon yang ada disana. Mungkin setelah mendata kami akan tertibkan". Kata Saleh.

Namun ini kami akan cari solusi bersama, terkait kejadian ini, saleh juga menerangkan karena keberadaan rumpon rumpon  ini berada di laut lepas, bisa saja itu merepakan jalur lintasan mereka (lumba lumba), dan ikan ikan kecil tersebut, merupakan makanan dari lumba lumba tersebut. Katanya.

Terkait pernyataan jenis lumba lumba yang baru mereka lihat, “nanti kita telusuri untuk pastikan apakah itu lumba lumba atau ikan jenis apa, kita sudah dapatkan laporan itu tapi belum ada bukti foto jenis ikan yang dimaksud, tapi kami sudah tindak lanjuti keluhan nelayan kemarin, dan kami sudah pendataan, apakah nanti kita tertibkan penempatan rumpon sesuai data menggunakan GPS sehingga bisa lebih teratur titik titik mana penempatan rumpon, nanti kita sosialisasikan bersama nelayan disana untuk mencari solusi". Pungkas Saleh Goro.

Editor : Danny Manu

Follow Berita iNews Alor di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut