Logo Network
Network

7 Mamalia Laut Yang Dikira Ikan, Biar Kita Tidak Tertipu  Ini Daftarnya

tim SINDOnews
.
Selasa, 08 November 2022 | 10:55 WIB
7 Mamalia Laut Yang Dikira Ikan, Biar Kita Tidak Tertipu  Ini Daftarnya
Dugong mamalia laut yang dikira ikan Foto : IST

JAKARTA, iNews.Alor.id - Dari beberapa mamalia laut, kadang kita bisa salah sangka bahwa itu adalah ikan, dan mamalia laut yang sering hidup di samudra itu hanya untuk bisa bertahan karena ketergantungan,. Apa saja daftarnya?

Tingkat ketergantungan pada lingkungan laut berbeda pada masing-masing spesies. Walaupun jumlahnya tidak banyak bila dibandingkan dengan mamalia darat, jumlah biomassa mereka besar.

Mereka memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem laut, terutama dalam meregulasi populasi mangsa. Sayangnya, pada saat ini 23 persen mamalia laut terancam, dan hal ini menimbulkan kekhawatiran.

Mamalia laut memiliki karakteristik seperti, memiliki rambut, menghirup udara, melahirkan anak, dan menyusui anaknya. Nah, biar tidak salah sangka dan sering tertipu cermati yuk mamalia laut yang sering dikira ikan di bawah ini:

1. Berang-Berang Laut (Enhydra

lutris) Berang-Berang Laut adalah seekor mamalia laut yang berasal dari pesisir utara dan timur Samudera Pasifik Utara. Tidak seperti kebanyakan mamalia laut, bentuk utama dari berang-berang laut adalah bulunya yang lebat, membuat hewan tersebut menjadi hewan terlebat dalam keluarga hewan. Meskipun hewan tersebut dapat berjalan di tanah, berang-berang laut kebanyakan hidup di samudera.

2. Paus (Lodan)

Paus merupakan kelompok mamalia yang hidup di lautan. Paus bukan tergolong dalam keluarga ikan. Paus purba berevolusi pada pertengahan tempo Eocene, kira-kira 50 juta tahun yang lalu. Salah satu paus terawal yang telah punah adalah Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil bermoncong menonjol dan bergigi. Basilosaurus mempunyai panjang 25 meter. Pada masa kini dikenal dua kelompok paus, yaitu paus bergigi (Odontoceti) dan paus tidak bergigi (Mysticeti).

3. Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

4. Manatee

Lembu laut atau manatee adalah mamalia air besar dari famili Trichechidae. Berbeda dengan Dugongidae dari segi bentuk tengkorak dan bentuk ekor. Ekor lembu laut berbentuk pendayung, sementara ekor Dugong bercabang. Lembu laut adalah herbivora, melewatkan sebagian besar waktunya merumput di air dangkal.

5. Dugong

Dugong adalah mamalia laut, Ini adalah salah satu dari empat spesies hidup dari ordo Sirenia, yang juga mencakup tiga spesies manatee. Ini adalah satu-satunya perwakilan hidup dari keluarga Dugongidae yang dulunya beragam serta diburu hingga punah pada abad ke-18. 

6. Paus Biru (Blue Whale)

Paus biru adalah mamalia laut dan paus balin. Mencapai panjang maksimum yang dikonfirmasi 29,9 m (98 kaki) dan berat hingga 199 ton, itu adalah hewan terbesar yang pernah ada. Tubuh paus biru yang panjang dan ramping dapat memiliki berbagai warna biru keabu-abuan di bagian punggung dan agak lebih terang di bawahnya.

7. Orca

Orca (Orcinus orca) adalah spesies mamalia air bergigi dari keluarga lumba-lumba dan merupakan anggota terbesar dalam kelompok lumba-lumba. Hewan ini memiliki kulit berwarna hitam dengan bagian bawah berwarna putih dan bercak putih di dekat setiap mata. Orca memiliki makanan yang beragam, beberapa memakan ikan secara eksklusif, sementara yang lain berburu mamalia laut seperti anjing laut dan spesies lumba-lumba lainnya. Orca adalah predator puncak, karena tidak ada hewan lain yang memangsa mereka

Editor : Danny Manu

Follow Berita iNews Alor di Google News

Bagikan Artikel Ini