get app
inews
Aa Read Next : Kisah Si Pedagang Keliling di Kapal Pelni, Di musim Liburan Menjelang Nataru

Pemantauan Ekologi Alor, Sebuah Upaya Mengukur Dampak Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan

Selasa, 27 Juni 2023 | 08:45 WIB
header img
Proses pengambilan data bawah laut dengan Metode Point Intersect Transect (PIT) serta Photo ID (foto: wwf/ alor.inews.id)

KALABAHI, iNewsAlor.id - Dalam mendukung tata kelola perikanan dan kelautan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) , Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Kabupaten Alor selaku Satuan Unit Organisasi Pengelola (SUOP) Kawasan Konservasi bersama dengan Yayasan WWF Indonesia meluncurkan kegiatan Ekspedisi Monitoring Ekologi Kawasan Konservasi di Peraiaran di Wilayah Kepulauan Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur (yang selanjutnya disebut sebagai Taman Perairan Kepulauan Alor).

Pemantauan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh pengelola kawasan konservasi dalam upaya mengukur efektivitas pengelolaan kawasan di mana sebelumnya telah dilakukan di tahun 2014, 2017, dan 2021 dengan dukungan dari Yayasan WWF Indonesia. Pada tahun 2023.

Kegiatan ekspedisi ini sendiri melibatkan tim gabungan dari berbagai institusi,  Pemerintah Kabupaten Alor, Satuan Kepolisian Air dan Udara Kepolisian Resor Alor, Pos Angkatan Laut Pulau Alor, Universitas Tribuana Kalabahi, dan Yayasan WWF Indonesia.

Rangkaian Ekspedisi ini dimulai dengan dilakukannya lokakarya protokol pemantauan dan pengambilan data biofisik (ekosistem terumbu karang, lamun dan mangrove) pada tanggal 1 Juni 2023 – 3 Juni 2023 di Kopdit Lego-Lego Kalabahi, kemudian dilanjutkan dengan pemantauan dan pengambilan data di lapangan pada tanggal 4 Juni 2023 – 13 Juni 2023 di 48 titik lokasi pengamatan yang tersebar di perairan gugusan kepulauan Alor.

Turut hadir perwakilan dari Coral Reef Rescue Initiative (CRRI) yakni Program global yang didirikan untuk melindungi dan meregenerasi terumbu karang tropis dunia yang terancam untuk kepentingan manusia melalui solusi berbasis alam, yang dipimpin oleh Carol Phua selaku Global Coral Reef Initiative Leader & Global MPA Lead, WWF Oceans Practice. CRRI hadir untuk berbagi pengalaman serta pengetahuan terkait metode pemantauan terkini untuk keberlanjutan ekosistem terumbu karang yang ada di Alor.
“Kolaborasi antar lembaga yang selama ini dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan sudah sangat baik sebagai upaya mendukung pengelolaan Taman Perairan Kepulauan Alor . Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penilaian Evaluasi Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi (EVIKA) di Taman Perairan Kepulauan Alor  tahun 2022 dalam status di Kelola Optimum dengan nilai 82,26%,” ujar Muhammad Saleh dalam sambutannya.

Lebih lanjut menurut Muhammad Saleh Goro, Dengan hasil evaluasi tersebut maka dirasa perlu untuk melakukan kegiatan monitoring yang bukan hanya dilakukan di ekosistem terumbu karang namun juga pendataan pada ekosistem pesisir lainnya seperti ekosistem mangrove dan ekosistem lamun. Katanya.

Editor : Danny Manu

Follow Berita iNews Alor di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut