get app
inews
Aa Read Next : Ketua GAMKI Alor Kecam Rencana Aksi Demo Kelompok Masyarakat, Saat Kunjungan Jokowi di Alor Nanti

Kehadiran Presiden Jokowi di Alor, Pj Bupati : Ada Pesan dan Janji Serta Doa Seluruh Masyarakat

Senin, 07 Oktober 2024 | 00:28 WIB
header img
Presiden RI Joko Widodo saat Kunker di Kabupaten Alor (foto:istimewa)

KALABAHI, iNewsAlor. id - Pasca Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (03/10/2024). Pj Bupati Alor, Dr. zeth Sonny Libing, beberkan pesan Presiden. 

Kunker Jokowi ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi rakyat Alor, karena sebagai Presiden, Beliau yang mau mengakhiri masa jabatan bisa berkunjung ke Alor, dan masyarakat sangat begitu antusias  dan bersukacita menyambutnya. Kata Libing membuka percakapan saat dihubungi iNewsAlor. id lewat telpon selulernya, minggu (06/10/2024), terkait pasca kunjungan Presiden ke 7 itu. 

Lanjut Libing, kehadiran Jokowi, menjadi sejarah meskipun sebelumnya, ada Presiden RI ke 6, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengunjungi Kabupaten Alor, saat terjadi gempa bumi tahun 2004 silam, atau tepatnya 20 tahun lalu. 

Sehingga alasan ini, Pj Bupati Alor juga berharap, ada kunjungan dari Presiden berikut atau Presiden terpilih, Prabowo Subianto ke Kabupaten Alor. Ujarnya. 

Terkait kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Alor, Libing, secara tegas mengatakan, kunjungan Seorang Presiden ke daerah tentunya  mempunyai dampak. 

"Dampak pertama, Kabupaten Alor begitu terkenal baik seantero Indonesia bahkan dunia, karena sangat antusias masyarakat menerima bapak Jokowi. Kedua, dari aspek pariwisata, bapak Presiden berpesan, pariwisata menjadi primadona Kabupaten Alor, sehingga meminta Pemerintah untuk mendesignnya"terang Libing. 

Bahkan menurut Libing, Presiden Jokowi, juga memuji keindahan Alor dan mengatakan Alor akan menjadi Bali ke-2 atau Labuan Bajo ke -2, sehingga Presiden berjanji, Alor harus mendapat perhatian untuk pengembangan pariwisata."justru Alor harus menjadi Plagiat pengembangan pariwisata"

Sebelumnya, SMK Negeri 1 Kalabahi, yang menjadi lokasi kunjungan Presiden Jokowi ini, juga mendapat perhatian dari Presiden Jokowi.
" Iya Bapak Presiden mengatakan, Pemerintah akan memperhatikan SMK SMK, salah satunya SMK 1 Kalabahi, terutama sarana dan prasarananya, seperti pada jurusan Pelayaran dan Jaringan, yang mana beliau (Presiden) melihat langsung ruang prakteknya saat berkunkung ke sekolah tersebut" Pungkasnya. 

Sebagai Pj Bupati Kabupaten Alor, Libing, yang terlihat sejak tibanya Presiden Jokowi di Alor, terus mendampingi Beliau (Presiden Jokowi) dari bandara Mali maupun saat berkunjung ke pasar Lipa dan SMK Negeri 1 Kalabahi, rupanya banyak mendapat masukan langsung dari Presiden. 

Lanjut mantan Kadis Pariwisata Provinsi NTT itupun, Dirinya sempat berbincang dengan Presiden RI tersebut, terkait penerbangan Alor- Kupang, dimana cuma ada 1 kali penerbangan dalam sehari. 

Tindak lanjuti kondisi penerbangan yang dimaksud, akan berbicara dengan pihak pihak terkait, guna penambahan jumlah Flight, dengan alasan  bisa mendukung Kabupaten Alor sebagai Daerah Padiwisata. Pungkas Libing.

Libing juga mengaku, sempat ditanya panjang Runway oleh Presiden Jokowi, saat di Bandara Mali. 

Lantas Dirinya menjelaskan ke bapak Presiden terkait runway yang memiliki panjang 1.600 meter,saatini. Namun ada rencana penambahan 200  meter, alasanya, biar bisa digunakan pesawat jenis Boeing. 
"Dan rencana itu, mendapat respon dari bapak Presiden Jokowi, beliau mendukung niat baik Penerintah Daerah" Katanya. 

Untuk itu, Libing berharap, "apa yang menjadi impian kita, khususnya masyarakat Kabupaten Alor dan apa yang menjadi harapan bapak Presiden Jokowi,semuanya bisa terwujud "

Disinggung terkait masa jabatan Presiden Jokowi yang sisa menghitung hari, serta kebijakan Presiden? Libing mengatakan, Pemerintahan itu bekerja pada sistem, orang boleh berganti, atau Presiden boleh mengahiri masa jabatan tetapi sistem berjalan. 
"Jadi tidak harus bapak Presiden Jokowi yang selesaikan, tetapi bisa jadi Presiden berikut atau Pemerintahan berikut" Terang Libing. 

Menurut PresidenJokowi, Alor itu sangat indah, sehingga pesan pesan yang Beliau jelaskan tentu akan disampaikan ke Pemerintahan baru.
"sehingga, harapan harapan beliau, beliau tidak menjanjikan tetapi harapannya, SMK, pariwisata, penambahan jumlah penerbangan pesawat, serta perpanjangan runway Bandara Mali Kabupaten Alor, harus diperhatikan dan pastinya beliau akan menyampaikan ke pihak pihak terkait" Tambah Libing lagi. 

Meskipun tersisa 2 minggu kedepan masa jabatannya, tetapi Kehadiran Presiden Joko Widodo di Kabupaten Alor disambut antusias masyarakat. Dan kehadiran Presiden Jokowi ke Kabupaten Alor ini sendiri  terbilang perdana. 

Ditanya terkait kehadiiran Pejabat Negara, seperti Mendagri Tito Karnavian saat menjadi Irup di HUT RI di Kabupaten Alor, dan Presiden Jokow yang melakukan kunker di masa kepemimpinannya sebagai Pj Bupati yang notabene adalah Kepala Wilayah? 

Libing mengatakan, ada 2 hal. 'Yang pertama adalah Berkat dan Anugerah Tuhan, yang kedua  itu adalah Doa dari seluruh masyarakat Alor."ujarnya.

Kehadiran Presiden, maupun Pejabat Negara setidaknya telah mengangkat nama Kabupaten Alor, Libing juga mengatakan selain itu, kunjungan Pejabat Negara tersebut  tentunya mempunyai dampak, karena di dalam hati dan pikiran mereka ada rencana rencana pembangunan. 

Terkait kelompok masyarakat yang sempat menolak kehadiran Preaiden Joko Widodo kunjungan ke Kabupaten Alor, hingga viral di media sosial, Libing mengakui, itu hal yang biasa, kita menghormatinya itu aspirasi mereka. 

Tetapi pada intinya, sebagai Pejabat Bupati Alor, Ia berterima kasih dan menaruh rada hormat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Alor, yang telah menerima Presiden RI Joko Widodo yang dengan penuh suka cita, menjaga keamanan bersama.

"Saya sangat Apresiasi kepada rakyat Alor, menunjukan, keadaban sebagai orang Alor, harga dir sebagai orang Alor dani kehormatan sebagai orang Alor yang luar biasa dalam menerima tamu"Tutup Libing 

 

Editor : Danny Manu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut