get app
inews
Aa
Read Next : Gibran Rakabuming, Wapres Terpilih Ucapkan Selamat Pelaksanaan, Pawai Paskah Nasional GAMKI di Alor

Daftar Orang Terkaya Sepanjang Sejarah, Kekayaan Elon Musk Tak Sebanding dengan Harta Genghis Khan

Rabu, 05 Oktober 2022 | 12:01 WIB
header img
Daftar orang terkaya sepanjang sejarah, kekayaan Elon Musk tak sebanding dengan Genghis Khan. Foto: kolase

3. Akbar I

Akbar I merupakan salah seorang raja di Kekaisaran Mughal India. Dia berkuasa dari tahun 1556 hingga 1605. Selama 49 tahun berkuasa, Kaisar Akbar I berhasil menaklukkan ratusan ribu mil persegi wilayah dan menguasai sebagian besar anak benua India.

Dia menguasai sekitar 25 persen PDB dunia atau sekitar 21 triliun dolar AS hari ini. Kaisar satu ini pun terkenal karena gaya hidup mewah dan perlindungan seninya.

4. Augustus Caesar

Augustus Caesar adalah Kaisar Romawi pertama yang memerintah setelah Julius Caesar terbunuh tepat pada tanggal 15 Maret 44 SM. Ia adalah anak angkat Julius Caesar.

Menjadi Kaisar Romawi pertama, Augustus Caesar memerintah kekaisaran yang luas dari 27 SM sampai kematiannya pada 14 M.  Dia memiliki kekayaan pribadi yang setara dengan 20 persen dari ekonomi seluruh kekaisaran atau senilai 4,63 triliun dolar AS saat ini.

Bahkan Augustus Caesar berhasil menaklukkan Mesir, meski tidak bertahan lama. Hal itu lantaran kinerja ekonomi yang buruk dan serangkaian kegagalan militer di tahun-tahun terakhir hidupnya.

5. Mansa Musa I

Mansa Musa atau Musa Keita I adalah mansa (sultan, kaisar, atau penakluk) ke-10 Kekaisaran Mali. Ia tercatat sebagai salah satu orang terkaya sepanjang sejarah.

Mansa Musa berkuasa selama 25 tahun dari tahun 1312 sampai tahun 1337, dan berhasul mengumpulkan kekayaan setara dengan 415 miliar.

Pada masanya, negara Mali merupakan penghasil emas terbesar di dunia. Emas-emas itu kemudian diperdagangkan dengan pedagang dari Venesia, Genoa dan Mesir.  

Salah satu kisahnya yang paling dikenal dalam sejarah adalah ketika Mansa Musa I pergi untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah. Dalam perjalanannya, ia sangat dermawan dan membagi-bagi emasnya

6. John D. Rockefeller

John D. Rockefeller mendirikan perusahaan Standard Oil pada 1870 dan akhirnya mengendalikan sekitar 90 persen bisnis minyak AS. Dia dinobatkan sebagai orang Amerika sepanjang sejarah, bahkan kekayaan Elon Musk tak akan sebanding dengannya.

Ekonom Peter Bernstein memperkirakan, John D, Rockefellar memiliki kekayaan pribadi sebesar 367 miliar dolar AS dalam bentuk uang hari ini. Kekayaan ini jauh lebih banyak dibanding Elon Musk yang cuma punya  234,5 miliar dolar AS.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Alor di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut