get app
inews
Aa Read Next : Pasangan Bacabup Nur Kaltim La Ovo dan Dony Mooy Daftar Ke PAN

Ikan Asap khas Alor Besar, Bisa Menjadi Oleh-Oleh Kabupaten Alor dan Mulai Diminati

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 12:12 WIB
header img
Ikan asap belo belo khas alor (foto: Rizky/iNewsAlor.id)

KALABAHI,iNewsAlor.id - Produk ikan asap Desa  Alor Besar, rupanya bisa menjadi oleh oleh dari Kabupaten Alor, terbukti dengan pesanan yang mulai meningkat.

Desa Alor Besar sendir merupakan Desa pesisir yang terletak di Kabupaten Alor. Mayoritas masyarakat laki-laki bekerja sebagai nelayan dan perempuan sebagai pembuat kain tenun, penjual ikan, serta ibu rumah tangga.

Ikan hasil tangkapan Biasanya, dijual disekitar desa maupun dibawa ke Kalabahi oleh mereka, dan ikan hasil tangkappun beragam, dari ikan dasar hingga ikan belo belo (sejenis ikan layang) sebutan untuk warga Alor untuk ikan tersebut.

"Melihat prospek akan potensi ikan belo belo yang cukup banyak, yang kadang tidak bisa terjual habis oleh mereka,  TAKA bersama penyuluh perikanan dan Dinas Kabupaten Alor melalui program penguatan livelihood perikanan skala kecil dengan Burung Indonesia dalam Hibah Skala Kecil RIT-Critical Ecosystem Partnership Fund (CEPF) Wallacea II.

Yaitu melakukan upaya pembentukan kelompok perempuan yang bertujuan sebagai wadah bagi para istri nelayan untuk berkreasi dan melakukan pengolahan ikan bersama-sama," kata Rizky ketika berbincang dengan iNewsAlor.id di Sabanjar.

Editor : Danny Manu

Follow Berita iNews Alor di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut