get app
inews
Aa Read Next : Jane Natalia Suryanto, Perempuan Pertama yang Daftar Sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur NTT

Dugaan Politik Uang Hingga Netralitas Aparat Sementara Ditangani Bawaslu, Ada yang Naik penyidikan

Rabu, 24 Januari 2024 | 08:08 WIB
header img
Dugaan Politik Uang Hingga Netralitas Aparat Sementara Ditangani Bawaslu, Ada yang Naik Penyidikan (foto: bawaslu alor)

KALABAHI, iNewsAlor.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Alor semntara menangani beberqpa kasus, sebagai tugas melakukan pengawasannya dugaan kasus money politik sudah di proses hingga ke tahapan penyidikan oleh Gakumdu sebqgai dugaan pelanggaran pemilu.

Pelanggaran yang dimaksud adalah berkaitan dengan  masalah pidana pemilu, antara lain dugaan politik uang (money politik), dugaan pengrusakan baliho, hingga netralitas ASN dan Aparatur BPD.

Ketua Bawaslu Kabupaten Alor, Orias Langmau kepada Wartawan, Selasa 23 Januari 2024 di Kalabahi mengungkapkan, pihaknya dalam melakukan tugas pengawasan tahapan pemilu,  khususnya dalam masa kampanye ini tengah memroses sejumlah kasus dugaan pelanggaraan.

Untuk dugaan money politik, Langmau menyebutkan, ada 2 kasus yang tengah ditangani, yakni 1 dugaan kasus yang pernah viral di media sosial, dimana perkembangannya dugaan kasus tersebut telah   telah naik ke tahap penyidikan dan dilimpahkan ke Polres Alor.

"Awal kasus ini, kami dapat informasi dari masyarakat, lalu kami melakukan penelusuran dan kemudian kami tetapkan jadi temuan. Selanjutnya kami melakukan klarifikasi  didampingi penyidik dan jaksa. Kemudian kami melakukan pembahasan-pembahasan yang juga didampingi Gakumdu Provinsi NTT. Hasil pembahasannya  kami tingkatkan ke tahap penyidikan dan kasusnya dilimpahkan ke Polres Alor," ungkap Langmau.

Editor : Danny Manu

Follow Berita iNews Alor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut